Selasa, 25 Agustus 2020

Kajian materi fiqih, Faza Al Auliya

 

Assalamu'alaikum teman-teman, kali ini saya akan membuat blog dengan tema kajian materi fiqih. Apakah kalian tahu apa ilmu fiqih itu? Fikih (bahasa Arab: الفقه, translit. al-fiqh‎) adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.
Kali ini saya akan membuat materi kajian fiqih dengan tema sholat jum'at.

1. Pengertian sholat jumat
    Apakah kalian tahu apa pengertian sholat jumat itu?. Sholat jumat adalah sholat dua raka'at yang wajib dilaksanakan seorang muslim setelah khotib berkhotbah diwaktu zuhur setiap hari jum'at.

2. Hukum sholat jum'at
    Ditinjau dari segi hukumnya, melaksanakan shalat jum'at bagi seorang laki-laki muslim yang telah baligh (dewasa), sehat jasmani dan rohani, merdeka, serta bukan musafir, adalah fardu 'ain atau wajib  secara individu untuk dilaksanakan.
    Apabila telah masuk waktu shalat jum'at dengan dikumandangkannya adzan, setiap muslim wajib memenuhi panggilan itu, dan meninggalkan semua kegiatannya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. Dalam QS. Al jumu'ah/62 ayat 9 berikut:
‌يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ ٩
Artinya :Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui(QS.Al jumu'ah/62:9)

3. Syarat wajib shalat jum'at
    Syarat wajib shalat jumat yaitu :
    a. Muslim
    b. Baligh
    c. Berakal
    d. Laki-laki
    e. Merdeka
    f. Sehat
    g. Orang yang menetap dan bukan                              musafir
    h. Orang yang tidak ada uzur/halangan yang            mencegahnya untuk menghadiri jum'atan

4. Syarat sah shalat jum'at
    Shalat jum'at dapat dikerjakan jika telah memenuhi syarat sahnya, yaitu:
    a. Shalat jum'at bisa didirikan di masjid atau           tempat tempat yang sudah tetap, atau                   tempat yang lazim digunakan shalat jum'at.
    b. Didirikan dengan berjamaah minimal  (40            orang)
    c. Dilaksanakan setelah matahari tergelincir            atau setelah masuk waktu dzuhur.
    d. Mengawali shalat jum'at dengan dua                      khutbah oleh khotib.

5. Rukun jum'atan
    Cara pelaksanaan shalat jum'at sama dengan cara pelaksanaan shalat wajib dua rakaat yang lain. Yang membedakan shalat jum'at dengan shalat fardhu yang lain adalah khutbah yang dilaksanakan sebelum mendirikannya dan kewajiban  melaksanakan shalat jum'at itu dengan berjamaah.

6. Sunnah sunnah dalam jum'atan
    Sebelum menunaikan shalat jum'at ada beberapa hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilaksanakan, antara lain:
    a. Membersihkan diri dengan mandi (mandi              besar)
    b. Memakai pakaian terbaik yang dimiliki,                  disunahkan berwarna putih
    c. Memakai wangi wangian (parfum)
    d. Membaca do'a ketika masuk masjid
    e. Memasuki masjid dengan mendahulukan            kaki kanan
    f. Disunahkan untuk mengerjakan shalat                 tahiyatul masjid (shalat untuk menghormati         masjid) sebanyak dua rakaat.
    g. Setelah selesai melaksanakan shalat                    tahiyatul masjid,disunahkan i'tikaf sambil              membaca zikir  atau shalawat atau                        membaca alquran jika khotib belum naik              mimbar. Jika khotib sudah naik mimbar                dan mulai berkhotbah, jama'ah hendaklah            menghentikan zikir atau bacaan alquran                untuk mendengarkan khutbah.

~sekian kajian materi fiqih saya, semoga bermanfaat bagi teman teman semua, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Cerpen : BROKEN HOME by Dyah Indana Zulfa

Selamat malam,      Assalamu'alaikum teman-teman. Kali ini saya menuliskan blog yang bertema Broken Home. Apa sih broken home itu? Kenap...